Cara Membuat Website Sederhana

Salah satu cara dalam menentukan seperti apa identitas digital Anda ialah dengan cara membuat sebuah website. Adanya kemajuan pada zaman modern seperti ini khususnya dalam pengembangan website pun dapat memudahkan kita untuk dapat membuat sebuah website. Saat membuat sebuah website kita bisa menggunakan sistem manajemen konten, atau dapat juga memanfaatkan website builder, dan juga kita dapat mengaplikasikan bagaimana cara membuat website dari awal. Berikut ini ialah langkah-langkah untu membuat sebuah website sederhana. Sebelumnya, Anda tidak usah khawatir jika sebelumnya belum pernah membuat dan mengembangkan sebuah website. Karena langkah-langkah ini dapat membantu Anda dari yang paling dasar.

Langkah pertama ialah, membuat platform. Sebelumnya, ada 3 cara membuat sebuah website, yang pertama ialah menggunakan CMS yang merupakan Sistem manajemen konten yang merupakan tool pengembangan pada tingkat lanjut yang bisa digunakan untuk membuat serta mengelola sebuah website beserta kontennya. Ada 3 pilihan CMS di pasaran, yakni WordPress, Drupal, dan juga Joomla! Ketiga tool ini sama-sama bersifat gratis dan juga open-source, namun WordPress-lah CMS yang lebih sering digunakan untuk membuat website. Ketiga sistem ini juga sudah dikembangkan menggunakan PHP, dan juga telah memanfaatkan penggunaan template/tema untuk dapat melakukan kustomisasi visual yang disukai oleh banyak komunitas. Jika menggunakan website builder maka otomatisasi semakin dapat terwujud dengan adanya website builder.

Awalnya, opsi kustomisasi yang berkaitan dengan fungsionalitas dan juga desain sangatlah terbatas. Tapi saat ini, terdapat banyak yang bisa Anda dapatkan dengan drag dan juga dropping dengan website builder modern. Kemudian buatlah kode untuk pembuatan website dari nol, pilihan ketiga yang tersedia ialah membuat website dari awal. Pada proses ini biasanya ditujukan bagi para pengguna yang telah mempunyai pengalaman dasar dalam pengembangan.

Langkah yang kedua ialah Mencari Hosting dan Nama Domain. Sebuah Website diibaratkan seperti sebuah bangunan yang pastinya mempunyai alamat yang bisa diakses oleh pengguna dan sebagai tempat untuk ditinggali. Agar website yang Anda buat tampil di internet, maka Anda perlu membeli web hosting serta membuat domain agar situs yang Anda buat bisa diakses dengan mudah. Hostinger sendiri menyediakan web hosting dengan harga yang cukup terjangkau namun juga tidak mengurangi kualitasnya. emudian pilihlah Nama Domain untuk website Anda.

Domain merupakan nama untuk website Anda. Biasanya domain akan diketik pada baris alamat browser, kemudian saat menekan Enter website Andapun akan terbuka. Contohnya seperti Google.com ataupun Facebook.com. Memilih nama domain yang baik dan juga tepat merupakan salah satu hal dasar yang paling penting. Selain itu, domain juga berfungsi untuk mengarahkan para pengguna agar dapat mengunjungi website Anda. Setelah itu, Andapun sudah dapat memulai membuat website sendiri.