Memahami Kredit Motor Yang Benar

kredit motor yamahaMembeli sebuah sepeda motor secara kredit tentunya akan dapat mempermudah kita untuk mendpaatkan kendaraan dengan cara yang cepat meskipun tabungan yang kita miliki masih kurang untuk digunakan membeli sepeda motor. Banyak orang lebih memilih cara transaksi seperti ini karena kebutuhan dari kendaraan tersebut yang juga mendesak, mengingat sepeda motor saat ini telah menjadi salah satu barang yang paling dibutuhkan untuk bepergian kemanapun. Tapi tak jarang juga orang-orang membeli motor secara kredit hanya untuk dapat memenuhi keinginannya untuk mendapatkan kendaraan keluaran terbaru.

Tapi jika alasannya seperti itu, terkadang akan terjadi masalah dalam proses pemabayaran secara kredit, hal ini biasanya karena ketidakadaan rencana keuangan yang matang dan juga kurangnya pemahaman akan fasilitas tersebut. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil motor secara kredit, pahamilah terlebuh dulu simulasi kredit motor dengan baik. Dengan membeli motor secara kredit, kamu akan dapat langsung membawa pulang motor yang kamu beli meskipun belum melunasi pembayarannya. Namun sebelumnya ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi. Salah satunya, ialah harus mengangsur sejumlah uang yang disepakati sebelumnya setiap bulannya selama jangka waktu yang telah disepakati juga sebelumnya.

Leasing sendiri menawarkan beberapa pilihan jangka waktu pelunasan yang beragam, contohnya jangka waktu 11 bulan, 17 bulan, 23 bulan bahkan bisa lebih dari itu. Dari sini bisa disimpulkan jika pembelian suatu barang dengan cara kredit akan dapat meringankan beban konsumen khususnya untuk barang yang harganya mahal. Jadi sebelumnya, hitunglah terlebih dulu pendapatanmu, apakah sudah dapat mencukupi angsuran motor setiap bulannya. Selain itu juga kamu harus memilih cicilan yang paling meringankan kamu. Semakin besar uang muka yang dibayarkan, maka akan semakin kecil pula cicilan per bulannya. Minimal uang muka yang dibayarkan menurut peraturan ialah 20 persen dari harga motor tersebut. Jika seandainya kamu hidup di Jakarta, dan berstatus lajang, serta pendapatanmu setiap bulannya ialah sekitar Rp 3.000.000 per bulan, lalu angsuran motor yang harus dibayarkan ialah Rp 700.000 maka hal ini masih cukup masuk akal.

Karena, kamu masih bisa menyisakan Rp 2.300.000 untuk kehidupan sehari-hari selama sebulan. Ingatlah, jangan sampai angsuran motor yang dibayarkan melebihi setengah dari pendapatan kamu setiap bulannya. Begitulah yang merupakan keuntungan membeli motor secara kredit. Dengan hanya membayar uang muka sebesar Rp 3.900.000, kamu telah dapat mempunyai motor sendiri. Hla ini tentu saja berbeda dengan pembelian motor secara tunai. Jika harga motornya Rp 15.000.000, maka kamu juga harus mengeluarkan uang sebesar itu saat itu juga.

Berikut ini yang biasanya menjadi syarat umum dokumen untuk pembelian motor secara kredit:
1. Membawa KTP dan Kartu Keluarga
2. Membawa NPWP/surat pemberitahuan pajak
3. Menyertakan rekening 3 bulan terakhir
4. Menyertakan Slip gaji karyawan/surat keterangan penghasilan

Kemudian, sebelum menjatuhkan pilihan, pelajarilah beberapa hal beikut ini dulu:

1. Fasilitas. Tanyakan terlebih dulu fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan saat mengkredit motor. Dan juga negosiasikanlah diskon agar kamu mendapatkan sedikit keringanan.
2. Denda keterlambatan. Sebelumnya, hitunglah denda jika kamu terlambat membayar angsuran. Jangan sampai besaran denda yang diberlakukan memberatkan keuangan kamu.
3. Asuransi. Tanyakan juga mengenai asuransi motor yang kamu beli, tentang asuransi seperti apa dan cara pengajuan asuransi serta cara mengklaim asuransi.
4. BPKB. Tanyakan juga mengenai kapan BPKB dapat kamu pegang. Setidaknya kamu harus mendapatkan BPKB sesaat setelah angsuran motor lunas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *